Kelebihan Teknologi Sensor Melengkung Canon

Kelebihan Teknologi Sensor Melengkung Canon — Wah sudah gak jaman lagi bentuk sensor kamera berupa lempengan saja. Ini dia beberapa review canon tentang tenologi baru dalam dunia fotografi digital yaitu sensor melengkung produksi canon.

Untuk memenuhi tuntutan teknologi yang semakin cepat berkembang, Canon terus mengembangkan sensor mereka agar semakin kompetitif dan bisa memenangkan persaingan. Sensor baru Canon ini sebenarnya secara teknologi seperti global shutter sudah sering disebut juga sedang dikembangkan oleh pabrik sensor lain seperti Sony dan Panasonic.

Baru-baru ini sumber berita membuka sebuah paper yang mengatakan bahwa Canon akan segera menghadirkan sensor baru Super 35mm 4K CMOS. Sensor baru Canon tersebut yang memiliki fitur utama sebagai berikut:

Fitur utama sensor melengkung canon

canoncmos

1. Global Shutter

2. Resolusi tinggi (belum disebutkan angka megapixelnya)

3. Pembacaan 4 pixel untuk rentang dinamis tinggi (92dB pada frame rate 30fps standar

Gambar di atas Anda dapat melihat perbandingan antara sensor Canon baru dengan Global Shutter dibandingkan dengan sensor Rolling Shutter konvensional. Meski begitu belum jelas kapan pastinya sensor baru akan siap produksi.

“Peneliti Canon membahas sensor resolusi tinggi, teknologi pencitraan CMOS format besar untuk digunakan dalam kamera kinerja tinggi yang cukup besar untuk mengambil foto dan video pada resolusi ultra-high-definition.

Para peneliti Canon mengembangkan arsitektur baru yang memungkinkan pembacaan dari beberapa piksel untuk dikumpulkan dan disimpan dalam memori, dan kemudian diproses sekaligus. Teknik ini memungkinkan pelaksanaan rana global (global shutter) sementara juga memberikan noise yang sangat baik dan kinerja pada kondisi gelap dan dynamic range tinggi (92dB pada frame rate 30fps standar) ”

Di luar ukuran dan teknologi komponennya yang terus berkembang, bentuk sensor penangkap gambar pada segala jenis kamera digital relatif tak berubah. Melulu dengan bentuk persegi yang rata, mengikuti bentuk lembaran film analog dulu.

nikon-20-1620mm-f2-8-6-3-lens-patent-for-one-inch-camera

Namun beberapa pabrikan agaknya sedang mengembangkan inovasi terkait bentuk sensor kamera ini. Canon, misalnya, diketahui mematenkan rancangan sensor berbentuk melengkung.

Simak  Artikel ” hasil foto dengan sensor kamera melengkung “

Apabila diihat secara beririsan dari samping ilustrasi di dokumen paten Canon memperlihatkan sensor tersebut berbentuk cekung, mirip mangkuk, dengan bagian penangkap cahaya yang terdapat di sisi dalam.

Bukan cuma itu, berdasarkan keterangan yang dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Senin (12/11/2016), derajat kelengkungan dari sensor yang bersangkutan juga bisa diatur secara elektronik. Pengguna kamera bisa mengatur seberapa cekung sensor tersebut sesuai keinginan.

Cara kerja Sensor melengkung Canon

1659172sensor780x390

Sebelumnya, bulan lalu Canon juga mematenkan desain sensor kamera yang sama-sama melengkung, tapi tidak derajat lengkungannya bisa diatur secara elektronik.

Untuk apa pula sensor kamera dibuat melengkung? Bentuk melengkung (cekung) pada dasarnya lebih sesuai dengan bidang proyeksi gambar dari lensa yang memang cekung secara natural.

Mata manusia, misalnya, memiliki retina yang berbentuk melengkung di sisi belakang, tidak rata seperti pada sensor kamera konvensional ataupun lembaran film.

Dengan mengikuti bentuk proyeksi lensa ini, ada beberapa keuntungan yang dihasilkan. Misalnya, tingkat exposure di seluruh frame (bidang proyeksi) akan sama, tidak berbeda di pinggiran sehingga menghasilkan efek vignette (gelap di pojok-pojok).  Tingkat ketajaman gambar pun akan sama rata di seluruh frame. Canon sendiri bukan pabrikan pertama yang mengembangkan sensor kamera melengkung. Dua tahun lalu, Sony pun telah mematenkan konsep serupa. Semoga bermanfaat!!

Incoming search terms: